Langsung ke konten utama

Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel



Jaringan komputer adalah sebuah cara yang baik untuk berkolaborasi dengan pengguna komputer lainnya yang berada di rumah ataupun kantor Anda. Dan dibawah ini akan ditunjukkan bagaimana cara membangun sebuah jaringan nirkabel.

Instruksi

Mempersiapkan Jaringan

1. Dapatkan sebuah router. Untuk membangun jaringan nirkabel, pastinya Anda membutuhkan router nirkabel ataupun access point nirkabel. Jika Anda memiliki sambungan broadband dengan modem DSL, Anda dapat dengan mudah menyambungkan port WAN router nirkabel baru Anda ke port LAN router nirkabel.
Gambar Pertama Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

Untuk mengkonfigurasi router nirkabel baru Anda, sambungkan kabel jaringan dari kompurter ke router nirkabel.
Gambar Kedua Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

2. Bukalah web browser pada PC Anda dan ketikkan alamat IP standar router. Biasanya alamat IP nya 192.168.0.1 Masukkan username dan password (username dan password standar router biasanya “admin”).
Gambar Ketiga Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

3. Aturlah port WAN. Pergilah ke pengaturan WAN dan pilihlah mode DHCP.
Gambar keempat Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

4. Pergilah ke pengaturan LAN dan gantilah alamat IP router Anda. Lakukan hal ini jika router memiliki alamat IP yang sama dengan modem DSL Anda. contohnya, jika alamat IP modem DSL Anda adalah 192.167.0.1, gantilah alamat IP router nirkabel Anda ke 192.168.1.1 dan aturlah subnet mask menjadi 255.255.255.0
Gambar Kelima Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

5. Lakukan konfigurasi server DHCP dari router nirkabel. Berikan alamat IP sebuah jarak awal dan jarak akhir.
Gambar Keenam Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

6. Lakukan konfigurasi SSID nirkabel. Gantilah SSID primer standar dan siarkan SSID utnuk mengamankan router nirkabel. Pilihlah mode pengamanan dan algoritme WPA, dan masukkan kunci untuk router.
Gambar Ketujuh Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

7. Gantilah mode pengamanan ke campuran WPA/WPA2-PSK. Anda juga bisa melakukan konfigurasi key nirkabel.
Gambar Kedelapan Bagaimana Cara Membuat Sebuah Jaringan Nirkabel Oleh Segiempat

Mendeteksi Adaptor Nirkabel Anda

8. Catatlah pabrikan dan model adaptor nirkabel Anda
9. Coloklah adaptor tersebut ke komputer Anda
10. Carilah driver adaptor Anda. Jika sistem operasi Anda tidak mengenali adaptor nirkabel, dapatkan driver dari CD yang biasanya ada dalam paket adaptor Anda. Jika tidak terdeteksi juga, undulah driver dari Internet.
11. Pasanglah driver adaptor. Pada Windows XP, Anda bisa memasang driver dengan meng-klik kanan file .inf dan klik install, ataupun pergi ke Device Manager lalu Update Drivers on the Unknown Device. Setelah OS Anda mengenali device nirkabel Anda, seharusnya adaptor Anda muncul pada menu Network Connection dan memberikan Anda pilihan router untuk tersambung ke Internet dalam jarak tertentu.

Tersambung ke Sebuah Jaringan Komputer

12. Pilihlah router Anda (biasanya nama pabrikan atau SSID), metode pengamanan dan masukkan passkey untuk tersambung dengan router Anda. Gunakan Auto DHCP.
13. Setelah langkah diatas, tunggulah hingga adaptor nirkabel Anda mendapati router nirkabel dan Anda akan tersambung pada jaringan komputer melalui router baru Anda.


semoga bermanfaat!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyusun Kembali Format Dokumen Pengolah Kata

Hallo guyss!! kembali lagi bersama saya tubagus taufan valentino .. kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang dunia teknik lagi nihh,, saya kali ini akan membahas tentang Menyusun Kembali Format Dokumen Pengolah Kata. PENGENALAN SOFTWARE PENGOLAH KATA Software word processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki keistimewaan dan lebih profesional dibandingkan program teks yang sudah ada. Dalam sistem operasi berbasis teks , seperti DOS (Disk Operating System) kita bisa memanfaatkan perintah COPY CON , untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi berbasis GUI, seperti Windows sebenarnya sudah ada Notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun, karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan objek-objek lain yang semakin kompleks, akhirnya harus dipergunakan software yang benar-benar bisa memenuh

Komponen dari sebuah kabel fiber optik

Core / Inti  : Bagian paling dalam dan inti dari kabel fiber optik yang terbuat dari bahan silica . Komponen ini adalah komponen yang berfungsi untuk mentransmisikan gelombang cahaya pada serat kaca. Cladding : Lapisan pertama yang berada diluar core . Cladding terbuat dari bahan acrylat (pada umumnya). Komponen ini berfungsi sebagai selimut pengaman interferensi dari luar kabel. Cladding merupakan batas reflektif (batas pantulan sinar) sehingga kualitas gelombang cahaya yang memantul di dalam core tetap terjaga. Coating / Buffer : Lapisan non-optik yang pertama, letaknya berada di luar cladding . Coating ini biasanya terdiri dari beberapa lapis polimer (biasanya plastik). Fungsinya adalah melindungi lapisan cladding dan core yang terbuat dari serat kaca. Coating akan menyerap guncangan dan getaran keras yang dapat merusak lapisan fiber di dalamnya sekaligus memberikan fleksibilitas pada kabel. Jacket : Ini merupakan pelindung terluar. Bagian ini merupakan lapisan terluar